5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia – Tanaman temulawak adalah merupakan salah satu tanaman herbal. Tanaman temulawak masih tergolong keluarga tanaman jahe, kunyit. Bagian yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Temu lawak merupakan tanaman asli Indonesia.

Di Indonesia temu lawak ini sudah lama dikenal sebagai obat tradisional. Temulawak hidup dengan subur di Indonesia. Dapat hidup dengan ketinggian lebih kurang sampai dengan 750 meteran diatas permukaan laut.

Temu lawak sebagai tanaman herbal, banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Seperti dapat mengobati penyakit ; gangguan fungsi hati, gangguan pencernaan, radang sendi, penyakit kolestol dan juga dapat mengobati penyakit kanker.

5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak

Khasiat temulawak dicampur kunyit adalah dapat mengobati berbagai penyakit seperti;

#1. Sebagai obat alami penurun panas demam

Manfaat temulawak dicampur kunyit adalah sebagai anti piretik. Dapat membantu menurunkan panas demam. Karena dalam temu lawak terdapat kandungan zat curcumin. Zat curcumin dalam temulawak ini sangat penting untuk tubuh.

Zat ini bermanfaat sebagai anti piretik. Yang berfungsi membantu menurunkan panas demam. Ramuan ini bisa digunakan untuk orang dewasa juga untuk anak-anak. Karena sebagai obat herbal alami aman tidak mempunyai efek samping.

#2. Mencegah dan mengobati penyakit kanker

Manfaat temulawak dicampur kunyit dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker. Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat serius. Penyakit harus mendapatkan secara medis. Selain menjalani pengobatan medis , juga bisa mengkonsumsi herbal temulawak dan kunyit.

Kandungan curcumin dalam temulawak dan kunyit berfungsi sebagai anti kanker. Juga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang bermanfaat untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa kunyit mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Ini dapat dilihat dari warna kuning pada kunyit.

#3. Menormalkan kadar kolesterol dalam darah

Untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Dapat diatasi dengan herbal temulawak dan kunyit. Karena curcumin dalam temulawak dan kunyit bersifat sebagai hipolidemik. Hipolidemik ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol jahat. Juga bermanfaat menjaga kadar kolesterol darah agar tetap stabil. Bila anda mempunyai penyakit kolesterol.

Anda dapat mencoba herbal temulawak dan kunyit sebagi obat alami. Juga menjaga pola makan atau diet makanan tinggi lemak. Serta lakukan olahraga secara teratur.

4#. Meredahkan dan mengobati nyeri

Manfaat temulawak dicampur kunyit juga dapat meredahkan rasa nyeri pada tubuh .Rasa nyeri dapat disebabkan oleh gejala dari berbagai penyakit. Seperti; pusing kepala, menstruasi, peradangan. Dalam temulawak dan kunyit terdapat senyawa penting. Senyawa ini berfungsi sebagai analgesik. Analgesik dapat bermanfaat meredahkan dan menghilangkan rasa nyeri.

Khasiat Temulawak

Khasiat Temulawak

5#. Mengobati sakit flu Burung.

Penyakit flu burung terjadi disebabkan atau ditularkan oleh unggas. Penyakit ini cukup berbahaya dan menular. Di Indonesia juga pernah terjangkit penyakit flu burung ini. Berdasarkan hasil penelitian dari universitas Airlangga Surabaya.

Bahwa kandungan curcumin dalam temulawak dan kunyit berfungsi menurunkan kadar sitoksin. Sedangkan penyakit flu burung dengan gejala meningkatnya sitoksin. Sehingga cucurmin dalam temulawak dan kunyit dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit flu burung.

Cara membuat jamu temulawak sebagai berikut;

Ramuan untuk obat flu burung;

Ambil temulawak sebanyak 30 gram, kunyit sebanyak 25 gram, sambiloto sebanyak sebanyak 15 gram, dan krokot sebanyak 60 gram. Cuci bersih semua bahan campur dengan air sebanyak 600 ml air. Rebus ramuan sampai mendidih.

Baca Juga : 6 Manfaat Mengkonsumsi Buah Melon Untuk Kesehatan

Hingga tersisa separuhnya. Kemudian dinginkan saring airnya. Selagi hangat kuku diminum. Lakukan sampai gejala membaik.