7 Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan

7 Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan – Genjer adalah merupakan salah satu jenis tumbuhan rawa. Tanaman ini bisa tumbuh  sendiri tanpa harus dibudidayakan. Tanaman ini dapat tumbuh disawah-sawah dan perairan yang dangkal. Tumbuhan ini sama seperti enceng gondok. Genjer dapat menjadi tumbuhan pengganggu bila tidak dimanfaatkan.

Genjer memiliki nama lain yaitu limnocharis flava. Di Indonesia juga mempunyai nama seperti; di Batak disebut haleyo, Melayu disebut  enceng, Sunda disebut saber dan Jawa disebut centongan.

Genjer dapat  tumbuh mencapai tinggi setengah meteran. Daun genjer mempunyai warna hijau. Gengjer mempunyai bunga. Bunga genjer merupakan bunga majemuk. Biji genjer merupakan biji semu dengan bentuk bulat, kecil dan berwarna hitam.

Genjer dapat berbunga sepanjang tahun. Bagian genjer yang dimanfaatkan sebagai sayuran adalah batang, daun dan bunganya. Genjer dapat diolah sebagai sayuran dengan direbus atau bisa juga  di tumis. Sayur genjer juga mempunyai rasa yang enak. Juga mempunyai kandungan zat dan vitamin yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

7 Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan

Kandungan yang terdapat pada sayur genjer seperti vitamin B1, kalsium, protein, karbohidrat, lemak, energi, fosfor dan juga zat besi. Dari kandungan zat inilah genjer dapat bermanfaat untuk kesehatan untuk tubuh manusia. Selain tersebut diatas pada genjer terdapat juga seperti; flovanoid , kardenolin, polifenol juga serat.

Manfaat genjer untuk kesehatan adalah sebagai berikut;

  1. Sebagai obat nafsu makan

Sayur genjer dapat bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Bila anda sandang mengalami gejala kurang selera untuk makan. Anda dapat mengkonsumsi sayur genjer. Sayur genjer bisa direbus atau di tumis sesuai selera. Karena pada genjer dipercaya dapat menjadi obat  untuk menambah nafsu makan.

  1. Memelihara kesehatan sel-sel tubuh

Manfaat genjer selanjutnya dapat  membantu untuk menyehatkan sel-sel tubuh. Pada genjer terdapat kandungan protein yang penting untuk tubuh. Protein pada  genjer ini lah bermanfaat membantu  meremajakan sel-sel dalam tubuh. Juga zat besi pada genjer dapat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. sehingga dapat menyehatkan sel-sel tubuh.

  1. Sumber energi

Manfaat genjer juga dapat berfungsi sebagi sumber energi. Karena pada genjer juga terdapat zat lemak. Kandungan lemak pada genjer ini bermanfaat memberikan sumber energi. Dengan mengkonsumsi genjer, berarti memberikan sumber energi untuk tubuh.

  1. Menguatkan tulang

Genjer juga dapat bermanfaat untuk menyehatkan tulang. Kandungan fosfor dan kalsium  pada genjer dapat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Juga dapat bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada anak-anak. Pada orang orang dewasa, manfaat fosfor dan kalsium untuk mencegah terjadinya osteoporosis dan sebagai sumber energi.

Khasiat genjer cobasehat

Khasiat genjer cobasehat

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat genjer juga untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.  Mengkonsumsi genjer dapat membantu memperlancar sistem kinerja pencernaan. Juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker usus. Ini dikarenakan kandungan serat pada genjer yang berfungsi memperlancar sistem pembuangan atau BAB. BAB lancar akan terhindar dari sembelit dan tentunya menyehatkan usus dan tubuh.

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat genjer untuk kesehatan jantung. Karena pada sayur genjer juga terdapat kandungan polifenol. Zat ini  yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini dapat bermanfaat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga dapat menyehatkan jantung. Juga menjadikan tubuh terhindar dari serangan penyakit jantung dan juga penyakit kanker.

  1. Mencegah anemia

Penyakit anemia adalah penyakit yang kekurangan darah. Gejala seperti muka pucat, lemas dan tidak bertenaga. Manfaat genjer dapat digunakan untuk mencegah penyakit anemia. Karena pada genjer terdapat kandungan zat besi.

Baca Juga : 5 Manfaat Menyehatkan dari Labu Putih

Zat besi ini bermanfaat membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah. Sehingga tubuh mendapat cukup akan kebutuhan sel darah merah. Dan tentunya dapat mencegah penyakit anemia.