7 Manfaat Oyong yang Berguna untuk kesehatan

7 Manfaat Oyong yang Berguna untuk kesehatan – Nama lain dari tanaman oyong adalah lufffia acutangula. Oyong merupakan sayuran yang mempunyai warna kulit yang  hijau. Kulit bergerigi atau bergelombang, mempunyai bentuk yang panjang. Daging buah yang berwarna putih dan rasa yang enak. 

Di Indonesia sayuran oyong sudah sangat terkenal, banyak dijual di pasar-pasar baik pasar tradisional maupun pasar swalayan bahkan di warung-warung oyong dapat kita temukan.Tanaman oyong  dapat tumbuh di negara tropis maupun negara sub tropis.

Di Indonesia yang merupakan negara tropis, oyong dapat tumbuh dengan baik. Oyong tumbuh dengan cara merambat sama seperti halnya dengan tanaman mentimun. Oyong atau gambas adalah sayuran yang dapat dinikmati dengan cara di rebus atau kukus, bisa juga ditumis, di masak sayur bening ataupun dibuat oseng-oseng.

Kandungan gizi pada oyong atau gambas, terdapat berbagai zat dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, seperti; magan, Karbohidrat ,tembaga, Sera, magnesium, vitamin B, Kalium, Zat besi dan yang lainnya. Karena mengandung berbagai zat dan senyawa penting untuk tubuh, menjadikan oyong sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat oyong untuk ibu hamil, juga sangat bermanfaat karena pada oyong terdapat berbagai zat dan nutrisi penting untuk ibu hamil, seperti zat besi dan vitamin B6 yang dapat memberikan manfaat untuk mencegah penyakit anemia, sehingga dapat menjaga dan meningkatkan stamina tubuh ibu hamil.

Manfaat Gambas atau Oyong

Manfaat Gambas atau Oyong

7 Manfaat Oyong yang Berguna untuk kesehatan

Ketujuh khasiat dari oyong atau Gambas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menyehatkan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata dapat juga menggunakan manfaat dari oyong atau gambas. Kandungan vitamin A yang tinggi pada oyong, tentu sangat bermanfaat untuk mencegah dan membantu untuk menyehatkan mata serta dapat menjaga dari kebutaan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin B pada oyong atau, dapat digunakan untuk menjaga sistem kinerja jantung.  Caranya dengan mengkonsumsi oyong atau gambas secara rutin , dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserda dalam darah. Inilah yang menjadikan oyong dapat menjaga kesehatan jantung.

  1. Mengobati Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit yang terjadi karena adanya kelebihan gula dalam darah pada tubuh. Penyakit ini dapat diobati dengan manfaat dari oyong atau gambas. Kandungan Mangan pada oyong dapat bermanfaat membantu menjaga kadar gula dalam darah pada tubuh.

  1. Meredakan Nyeri Otot

Penyakit nyeri otot bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu kekurangan kalium. Untuk mengatasi penyakit nyeri otot dapat diatasi dengan mengkonsumsi sayur oyong. Kandungan kalium pada sayur oyong, bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri pada otot.

  1. Meringankan penyakit Artritis dan asam Urat

Manfaat oyong untuk asam urat, juga untuk mengatasi nyeri otot, serta dapat juga untuk mengobati penyakit peradangan sendi atau artritis, yang disertai oleh rasa sakit dan bengkak. Kandungan tembaga yang terdapat pada gambas memberikan anti-inflamasi.  Kandungan pada oyong atau gambas inilah yang bermanfaat untuk membantu meringankan penyakit gangguan artritis.

Khasiat Gambas atau Oyong

Khasiat Gambas atau Oyong

  1. Mengatasi Gangguan Anemia

Kandungan pada oyong atau gambas seperti zat besi dan vitamin B6, dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit anemia. Penyakit anemia sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Mengkonsumsi oyong berarti sudah mencegah terjadi penyakit anemia.

Kandungan zat besi dan vitamin B6,  sangat berperan untuk menghasilkan hemoglobin atau sel darah merah. Penyakit anemia disebabkan oleh kekurangan sel darah merah dalam tubuh.

Baca Juga : 7 Manfaat buah tomat untuk kesehatan

  1. Menyehatkan Fungsi Otak

Kandungan zat besi dan vitamin B6 pada oyong, dapat bermanfaat untuk menjaga dan membantu menyehatkan fungsi otak. Kandungan zat besi pada oyong berfungsi untuk memasukan oksigen ke otak dan membantu menurunkan produktivitas otak. Sehingga otak menjadi relaksasi. Karena kekurangan zat besi dalam tubuh, bisa menyebabkan perasaan  gelisah, lelah, gampang tersinggung.

Artikel Terkait :
Tags: ,