7 Manfaat Dari Bawang Bombay Dan Kandungan Gizinya

7 Manfaat Mengkonsumsi Bawang Bombay Bagi Kesehatan Yang Wajib  di Ketahui – Bawang Bombay ialah Jenis Bawang yang sangat terkenal sebagai bumbu dapur. Namun di Indonesia sendiri penggunaan bawang ini kurang sedikit populer jika dibandingkan dengan di Luar Negeri.

Hal ini mungkin dikarenakan dalam jenis masakan Indonesia, tidak perlu menggunakan bawang Bombay. Dan lebih banyak memakai Bawang merah dan bawang putih.

Ada dua jenis Bawang bombay yang bisa kita dapatkan, yakni jenis bawang bombay merah dan kuning. Untuk bawang Bombay merah bisa ditandai dari warna kulit dan umbi yang memiliki warna merah. Namun untuk bawang bombay kuning bagian umbi berwarna kuning pucat, dan kulit dengan warna cokelat.

Meski kurang populer digunakan sebagai bumbu masakan di Negeri Kita. Tapi bawang Bombay masih mudah di temukan. Terutama untuk bawang bombay kuning yang bisa dengan mudah dijumpai di pasaran. Lalu bagaimana khasiat dan manfaat dari Bawang Bombay. Berikut Ulasan lengkapnya.

7 Manfaat Dari Bawang Bombay Dan Kandungan Gizinya

  1. Kandungan Minim Lemak dan Rendah Gula

Didalam Bawang bombay terdapat karbohidrat dengan kalori sebesar 40 kcal/ 100 gram. Karbohidrat yang ada pun terdiri dari serat, polisakarida dan monosakarida. Jadi dapat disimpulkan bahwa bawang bombay ini memiliki kandungan rendah lemak.

Begitu pula untuk kadar gulanya, gula total Bawang Bombay hanya sekitar 4,24 gram/100 gram. Sedangkan sebagian besar Kandungan penyusun bawang bombay adalah air.

  1. Sebagai Imunitas Tubuh

Bawang bombay juga mempunyai banyak kandungan mineral mikro yang sangat berguna. Yakni mineral selenium dan floar. Kandungan Mineral mikro ini sangat besar manfaatnya bagi tubuh. Karena mempunyai peran yang sangat penting.

Dibuktikan dengan studi biokimia, peran selenium adalah sebagai antibiotik dan antioksidan alami. Sangat bermanfaat sekali menjaga sistem dan imunitas sistem kekebalan tubuh.

  1. Menguatkan Gigi

Selanjutnya dengan kandungan unsur mikro fluor, akan sangat efektif untuk menguatkan gigi. Fluor juga merupakan unsur yang cukup dibutuhkan tubuh, walaupun dalam jumlah kecil. Cara kerja Fluor dalam tubuh, akan menjaga stabilitas reaksi enzim yang sangat berguna dalam hal memperkuat struktur gigi.

  1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Perlu diketahui juga kandungan C dalam Bawang Bombay cukup untuk Tubuh. Dengan mengkonsumsi 100 gram saja bawang Bombay. Dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C harian. Karena memang tidak tersedia di dalam tubuh. Dan Vitamin C juga memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan Tubuh Manusia.

Manfaat Bawang Bombay

Manfaat Bawang Bombay

  1. Menjaga Kadar Gula dan Kolesterol

Kandungan vitamin lain yang juga ada dalam Bawang Bombay ialah vitamin B3 dan vitamin B9. Dan kandungan vitamin ini pun cukup tinggi dimiliki bawang Bombay. Di mana kehadiran Vitamin B3 akan berfungsi menyeimbangkan kadar gula dalam darah, menekan kadar kolesterol, serta dapat menyerap lemak

  1. Anti Kanker

Bawang bombay juga dapat berfungsi sebagai antikanker yang cukup potensial. Karena memiliki cukup banyak kadar antioksidan. Dan Antioksidan tersebut datang antosianin. Dimana tidak diragukan lagi kemampuannya untuk menghalangi dan menghancurkan sel kanker.

Diantara dua jenis bawang Bombay, Anti kanker paling banyak terdapat di bawang bombay merah. Kanker yang bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi bawang bombay ialah kanker kolon, kanker payudara, dan kanker esophagus.

  1. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Salah satu kandungan lain yang sangat tinggi dimiliki Bawang bombay ialah kandungan kalsiumnya. Tentu kalsium sangat dibutuhkan tubuh, dan memang memiliki efek lebih untuk tulang. Sehingga dengan kalsium yang cukup dapat mencegah munculnya penyakit osteoporosis.

Baca Juga : 8 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Apalagi dengan mengkonsumsi kalsium alami ari bawang Bombay, jauh lebih baik dari mengkonsumsi berbagai jenis suplemen kalsium lain.