8 Manfaat Kol atau Sayur Kubis untuk Kesehatan

8 Manfaat Kol atau Sayur Kubis untuk Kesehatan – Kubis yang disebut juga dengan kol,  merupakan sebagai  sayuran sehat,  yang mengadung berbagai nutrien atau nutrisi. Sayuran yang mengandung serat cukup tinggi  ini, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Di Indonesia Kubis atau Kol, sangat mudah untuk kita mendapatkannya.

Kubis atau kol merupakan jenis sayuran yang dimanfaatkan adalah daunnya. Mempunyai bentuk bulat dan padat, dan mempunyai warna, col putih, kol  hijau serta kol ungu. Kubis atau kol adalah sayuran berasal dari negara Eropa.

Pada kubis atau kol terdapat berbagai zat dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti zat besi, asam folat, kalium, ripoflavin, vitamin A, vitamin B kompleks. Dari kandungan ini lah kol atau kubis bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Kubis atau kol dapat dinikmati sebagai sayuran atau pun lalapan. Kubis juga  dapat dicampur dengan sayuran yang lainnya, Seperti pada masakan sayur sop, salad serta asinan. Juga pada makanan seperti gado-gado, ketoprak, serta lotek atau pecel sayur.

8 Manfaat Kol

8 Manfaat Kol

8 Manfaat Kol atau Sayur Kubis untuk Kesehatan

Manfaat kol atau kubis untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut;:

  1. Mencegah Penyakit anemia

Kubis atau kembang kol yang banyak mengandung zat besi ini, akan membantu meningkatkan sel darah merah. Dengan percepatan pembentukan sistem sel darah merah, bisa mencegah terjadinya penyakit anemia.

Cara mengkonsumsi kol pun dapat langsung disantap sebagai sayuran ataupun lalapan. Namun untuk mempercepat proses penyerapan, lebih baik digunakan sebagai jus, atau campuran jus lain. Karena zat besi yang ada pada kol bisa diserap secara optimal.

  1. Sebagai obat menyembuhkan kanker

Pada kubis atau kol terdapat kandungan zat, sama seperti pada brokoli, yang berfungsi sebagai anti kanker. Untuk menyembuhkan penyakit kanker , juga  dapat memanfaatkan kubis atau kol. Kandungan senyawa pada kubis atau kol ini memiliki cukup banyak khasiat.

Yakni bermanfaat untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel jaringan  kanker dan tumor. Berdasarkan hasil penelitian, perempuan  yang mengkonsumsi kol, brokoli , mengalami  penurunan risiko terjangkit penyakit kanker

  1. Menjaga tekanan darah

Untuk masalah penyakit tekanan darah tinggi, dapat dikontrol dengan bantuan kalium. Kalium merupakan senyawa yang bisa membantu mengurangi gejala hipertensi. Dengan kandungan kalium yang tinggi pada Kol/Buncis. Selain menjadi makanan yang cocok disarankan untuk penderita darah tinggi. Juga bisa mengatasi penyakit hipertensi tersebut.

  1. Untuk Merawat Kesehatan Kulit

Salah satu vitamin yang juga ada pada Kol atau Kubis ialah Vitamin C. Sehingga sama seperti buah-buahan lain layaknya jeruk, apel, dan anggur. Dengan vitamin c, akan membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat. Juga Vitamin C sangat baik fungsinya untuk merawat kesehatan kulit.

Khasiat Sayur Kubis

Khasiat Sayur Kubis

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi Kol atau Kubis secara rutin, akan membantu kamu memperoleh berat badan ideal. Hal ini karena Kubis memilki kandungan serat tinggi dan juga rendah kalori. Jadi dengan mengkonsumsi nya sebagai makanan. Bisa memperlama rasa lapar dan tidak akan menaikkan berat badan.

Karena itu kubis merupakan salah satu sayuran yang cukup dianjurkan saat diet. Atau untuk orang yang sedang mempunyai keinginan menurunkan berat badan secara alami.

  1. Bermanfaat Sebagai Detoksifikasi pada Tubuh

Dengan banyaknya kandungan vitamin C dan sulfur yang ada pada kol dapat membantu sistem detoksifikasi. Karena akan membantu mencegah dan menghilangkan racun (radikal bebas).

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kol merupakan sayuran dengan beragam mineral seperti kalsium, kalium dan magnesium. Dan mineral inilah yang dapat menjaga kesehatan tulang pada tubuh manusia.

Baca Juga : 13 Manfaat Pegagan Daun untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sayuran satu ini yang kaya akan serat, tentu akan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang sehat, bisa melancarkan BAB. Yang akhirnya akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Artikel Terkait :
Tags: ,