6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan tubuh

6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan tubuh – Kacang merah adalah merupakan salah satu jenis makanan yang kaya antioksidan. Kacang merah masih termasuk golongan polong-polongan. Kacang merah juga termasuk salah satu makanan yang kaya akan serat. Kacang merah tentunya mempunyai warna yang merah dan rasa yang enak.

Kacang merah dapat diolah menjadi campuran dengan makanan yang lain. Kacang merah dapat di  campur dalam berbagai makanan seperti ; campuran untuk es, untuk sayur sop juga pada masakan daging. Selain mempunyai rasa yang enak kacang merah banyak mengandung zat dan vitamin penting untuk kesehatan.

Kacang merah mempunyai kandungan nutrisi penting bagi kesehatan. Seperti Serat, karbohidrat, kalsium, asam folat, protein, zat besi, mangan, vitamin b, vitamin b6 dan yang lainnya. Karena mengandung banyak zat dan vitamin penting bagi tubuh. sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Kacang Merah

Manfaat Kacang Merah

6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan tubuh

Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai sumber antioksidan

Manfaat kacang merah adalah sebagai sumber antioksidan. Antioksidan dalam kacang merah bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas. Berdasarkan hasil penelitian. Kacang merah mempunyai antioksidan yang paling   tinggi  dibanding makanan atau buahan yang lain.

  1. Kaya akan Protein

Kacang merah juga bermanfaat sebagai sumber protein yang sehat. Dalam kacang merah terdapat kandungan protein lengkap yang penting bagi tubuh. Kandungan protein pada kacang merah sangat baik. Karena mengandung lemak yang rendah serta bebas kolesterol. Juga Pada kacang merah terdapat kandungan serat yang larut. Serat ini bermanfaat untuk menyehatkan sistem kinerja jantung.

  1. Sebagai sumber tenaga

Manfaat kacang merah juga dapat dijadikan sebagai sumber tenaga. Karena dalam kacang merah terdapat kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi inilah yang berfungsi sebagai sumber tenaga. Mengkonsumsi kacang merah dapat mencukupi kebutuhan energi dan zat besi bagi tubuh.

Kacang merah juga mengandung senyawa  integral dari hemoglobin. Senyawa ini bermanfaat  melancarkan peredaran oksigen dari paru-paru ke seluruh  tubuh. Sehingga membantu melancarkan sistem peredaran oksigen. Ini tentunya membantu menyehatkan tubuh.

Manfaat kacang merah untuk ibu hamil adalah untuk meningkatkan asupan akan zat besi. Juga baik untuk ibu yang sedang menyusui. Karena manfaat zat besi dalam kacang merah untuk meningkatkan pertumbuhan janin dan perkembangan pertumbuhan pada bayi.

Kacang Merah Cobasehat

Kacang Merah Cobasehat

  1. Melancarkan sistem Pencernaan

Manfaat kacang merah juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Pada kacang merah terdapat kandungan serat yang cukup. Sama seperti pada kacang dan sayuran serta buahan  yang lainnya. Serat yang terdapat dalam kacang merah ini, bermanfaat melancarkan sistem pencernaan.

Juga membantu meningkatkan kinerja usus. Serta membantu melancarkan sistem pembuangan. Melancarkan buang air besar (BAB).Sehingga dapat menyehatkan tubuh.

  1. Menjaga Gula Darah dalam tubuh

Penyakit gula darah adalah penyakit kelebihan akan zat gula. Tubuh perlu diet akan zat gula. Caranya dengan mengkonsumsi kacang merah. Manfaat kacang merah juga dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Dalam kacang merah terdapat  kandungan serat. Serat ini  bermanfaat untuk  menjaga kadar kolesterol darah agar tetap stabil. Juga bermanfaat untuk membantu pencernaan menyerap kolesterol. Sehingga dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil.

Baca Juga : 6 Manfaat Konsumsi Buah Apel Untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Memori Otak

Untuk menjaga kesehatan fungsi otak dapat juga  dengan mengkonsumsi kacang merah. Karena pada kacang merah terdapat  vitamin B. Manfaat dari vitamin B dalam kacang merah, dapat memelihara sel-sel syaraf otak. Juga dapat membatu memelihara sel-sel syaraf otak dari kerusakan. sehingga dapat meningkatkan memori otak.