6 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh – Tanaman Melinjo adalah merupakan tanaman asli dari Asia Tengggara. Tanaman ini mempunyai nama lain yaitu Gnetum gnemon. Masih tergolong keluarga dari jenis Gnetum .Tanaman ini penyebarnya mulai darI samudera Pasifik barat, Mizoram dan Assam di India. Juga akhirnya sampai ke Indonesia,Filipina, Fiji dan Malaysia.

Tanaman melinjo adalah tanaman pohon kayu yang berdaun rimbun dan mempunyai buah. Di Indonesia Melinjo dijadikan sebagai sayuran . Bagian yang dimanfaatkan sebagai sayuran adalah daun dan buah. Sayur melinjo ini mempunyai rasa khas yang enak dan lezat. Sehingga di Indonesia sayur melinjo sudah terkenal dan banyak di gemari orang.

Melinjo dapat dikonsumsi dengan cara diolah sebagai sayuran juga dapat diolah sebagai camilan. Daun dan buah melinjo dapat dijadikan sayuran. Seperti di buat sayur asam, sayur lode, sayur bening. Sedangkan buahnya dapat diolah menjadi camilan yang enak dan gurih. Yaitu di buat emping melinjo atau kerupuk melinjo.

Kandungan Nutrisi daun melinjo

Melinjo selain dimanfaatkan sebagai sayuran dan camilan. Juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan gizi yang terdapat dalam melinjo seperti; antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam buah melinjo sangat tinggi. Sehingga dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Seperti penyakit kanker, jantung, dan mencegah penuan dini.

Manfaat Daun Melinjo

Manfaat Daun Melinjo

6 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Melinjo untuk kesehatan dan kecantikan tubuh adalah sebagai berikut;

  1. Melancarkan urine

Manfaat melinjo yang pertama adalah untuk membantu melancarkan urine. Bila anda mengalami kesulitan buang air kecil. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan buah melinjo. Membuat ramuan dari kulit buah melinjo. Caranya ambil buah melinjo segar. Ambil kulitnya sebanyak 50 g dikukus atau diuapkan lalu dimakan sampai habis.

  1. Mengobati luka bekas gigitan anjing

Manfaat melinjo juga dapat mengobati bekas gigitan anjing. Bila anda mengalami di gigit anjing. Anda dapat mengatasinya ramuan melinjo. Caranya ambil buah atau daun melinjo muda secukup. Cuci bersih tambahkan bawang putih atau merah sebanyak 2 siung,  2 siung bawang putih atau bawang merah, dan jahe 1 ruas haluskan. Kemudian ramuan ini dioleskan pada luka gigitan anjing.

  1. Mengobati busung lapar, sakit mata, dan anemia

Manfaat melinjo selanjutnya adalah dapat mengobati sakit busung lapar, sakit mata, dan anemia. Caranya adalah dengan mengkonsumsi buah dan daun melinjo. Caranya buah dan daun direbus lalu di makan. Juga bisa dengan buah dan daun dijadikan sayuran lalu dikonsumsi bersama nasi.

  1. Meningkatkan stamina tubuh

Manfaat buah melinjo dapat meningkatkan stamina tubuh. Karena buah melinjo mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam buah melinjo ini, bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh.

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan pada buah melinjo sama dengan vitamin C. Proteinnya juga dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga bermanfaat untuk menyehatkan dan meningkatkan stamina tubuh.

  1. Sebagai suplemen alami

Manfaat buah melinjo juga dapat dijadikan sebagi suplemen alami. Karena di dalam buah melinjo terdapat zat nutrasetikal. Nutrasetikal dalam buah melinjo inilah yang dijadikan sebagai suplemen alami dan aman.

  1. Sebagai makanan ringan

Manfaat Melinjo juga dapat dijadikan sebagai makanan ringan. Melinjo juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Caranya cukup dengan mengkonsumsi buah dan sayur melinjo. Karena melinjo mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

Daun Melinjo Cobasehat

Daun Melinjo Cobasehat

Cara mudah mengolah melinjo :

  1. Caranya direbus

Buah dan daun melinjo dapat langsung di rebus. Seperti merebus kacang. Lalu di makan seperti sama seperti makan kacang.Bila mempunyai penyakit asam urat Makanlah melinjo sedikit jangan berlebihan.

Baca Juga : 7 Manfaat Temu Kunci Sebagai Obat Penyakit

  1. Caranya dibuat sayur

Dimasak sayur asam , sayur lodeh dan sebaginya. Lalu makan bersama nasi.

Artikel Terkait :
Tags: ,