7 Manfaat daun mangkokan untuk kesehatan tubuh

7 Manfaat daun mangkokan untuk kesehatan tubuh – Daun mangkokan adalah merupakan salah satu dari jenis tanaman hias. Tanaman ini biasa ditanam di pekarangan sebagai tanam hias. Tanaman ini mempunyai batang pohon dengan ketinggian mencapai 3 sampai 5 meteran.

Tanaman daun mangkokan ini dapat tumbuh subur di negara kita sebagai negara tropis. Tanaman ini Juga sudah terkenal di masyarakat kita. Tanaman yang mempunyai daun seperti mangkok. Daun berwarna hijau bulat dan cekung seperti mangkok.

Cara mengolah daun mangkokan

Daun mangkokan dapat konsumsi sebagai sayuran atau lalapan. Olahan daun mangkokan seperti dimasak dengan cara direbus sebagai lalapan. Juga dapat ditumis sesuai selera agar menambah cita rasa. Selain dapat dimanfaatkan sebagai sayuran. Daun mangkokan dapat bermanfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Karena mengandung berbagai zat dan nutrisi penting bagi tubuh.

7 Manfaat daun mangkokan untuk kesehatan tubuh

Manfaat daun mangkokan

Manfaat daun mangkokan

Khasiat daun mangkokan untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut”

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Khasiat daun mangkokan adalah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Karena dalam daun mangkokan terdapat kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Seperti kandungan serat dalam daun mangkokan yang tinggi. Dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat membantu melancarkan sistem pembuangan. Dapat melancarkan BAB. Dan mencegah terjadinya sembelit. Serta dapat melancarkan buang air kecil.

Caranya dengan mengkonsumsi daun mangkokan. Daun mangkokan dapat diolah secara direbus untuk lalapan. Juga dapat tumis sesuai selera. Daun ini banyak mengandung gizi yang baik bagi tubuh.

  1. Mencegah agar rambut tidak rontok

Manfaat daun mangkokan juga dapat mengatasi masalah gangguan pada rambut. Daun mangkokan dapat bermanfaat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Bila anda mempunyai masalah tentang gangguan rambut rontok. Cobalah dengan menggunakan daun mangkokan. Caranya sebagai berikut;

Ambil daun mangkokan sebanyak 5 lembar cuci bersih. Remas-remas kemudian campur dengan minyak kelapa. Kemudian peras ambil air minyak ini. Kemudian oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Diamkan beberapa saat kemudian cuci bersih dengan sampo. Lakukan sesering mungkin sampai gejala membaik.

  1. Mengobati dan mempercepat penyembuhan luka

Bila kita mengalami luka. Ini dapat diatasi dengan daun mangkokan. Karena dalam daun mangkokan terdapat senyawa penting bagi tubuh. Salah satunya senyawa dalam daun mangkokan bermanfaat untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Caranya ambilah beberapa daun mangkokan. Haluskan lalu balutkan pada kuli yang luka. Manfaat ramuan daun mangkokan ini, dapat menyembuhkan luka. Juga dapat mencegah terjadinya infeksi.

  1. Mencegah peradangan atau anti- inflamasi

Salah satu manfaat daun mangkokan adalah dapat mencegah dan mengobati kita pada peradangan. Karena dalam daun mangkokan terdapat anti inflamasi. Zat anti-inflamasi ini berfungsi untuk mencegah dan mengobati peradangan.

Zat ini juga bermanfaat mencegah terjadinya peradangan pada bagian tubuh yang lain. Seperti radang lambung, radang usus dan juga radang tenggorokan. Serta dapat mencegah dan menyembuhkan radang pada payudara.

daun mangkokan cobasehat

daun mangkokan cobasehat

  1. Melancarkan sistem peredaan darah

Manfaat daun mangkokan juga dapat melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Karena dalam daun mangkokan terdapat kandungan zat besi tinggi. Zat besi dalam daun mangkokan bermanfaat untuk memperlancar sistem peredaran darah.

Dengan lancarnya sistem peredaran darah tentu menyehatkan tubuh. Serta dapat mencegah terjadinya penyumbatan darah. Sehingga melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga : 6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan tubuh

  1. Mencegah anemia

Manfaat daun mangkokan selain melancarkan sistem peredaran darah. Juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia. Karena dalam daun mangkokan terdapat kandungan zat besi. Zat besi ini bermanfaat meningkatkan sel darah merah. Sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit anemia.

Artikel Terkait :
Tags: ,