Manfaat daun katuk untuk kesehatan

7 Manfaat Daun Katuk yang Baik untuk Kesehatan – Daun katuk juga merupakan sayuran yang sudah terkenal di berbagai negara termasuk  bagi masyarakat kita Indonesia. Nama lain dari daun katuk adalah sauopus androgyus. Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui dari dulu memang sudah terkenal,  yaitu manfaat daun katuk untuk ibu menyusui dapat membantu memperlancar produksi ASI.

Daun katuk juga termasuk sayuran yang berwarna hijau yang dimanfaatkan sebagai sayur adalah daunnya. Manfaat daun katuk selain memperlancar produksi ASI juga bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh manusia.

Cara mengelolah daun katu, baik sebagai sayuran atau sebagai obat herbal alami. Caranya dengan dikonsumsi sebagai sayuran  atau dibuat air rebusan sebagai herbal alami untuk mengobati berbagai penyakit. Air rebusan ini diminum sebagai teh herbal daun katuk.

7 Manfaat Daun Katuk yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Daun Katuk yang Baik

Manfaat Daun Katuk yang Baik

Adapun Manfaat daun katuk untuk kesehatan sebagai berikut;

  1. Menu untuk ibu hamil dan menyusui

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil dan menyusui memang sangat tepat, karena kandungan yang terdapat pada daun katuk, seperti berbagai vitamin dan senyawa minyak esensial, seperti tanin,  saponin dan flavono. Kandungan dari senyawa tersebut bermanfaat membantu untuk  memperlancar produksi ASI dan untuk ibu hamil, kandungan akan zat besi ada katuk dapat mencegah terjadinya anemia. Dan tentu ini menyehatkan bagi ibu menyusui dan juga untuk ibu hamil.

  1. Menunda penuaan dini dan osteoporosis

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini dan osteoporosis, dapat memanfaatkan herbal daun katuk. Apalagi bagi kita yang akan mengalami masa manopause. Sebaiknya mulai sekarang untuk mengkonsumsi herbal dari air rebusan daun katuk, bisa juga dengan mengkonsumsi sayuran dari daun katuk ini. Pada air rebusan terdapat kandungan kalsium yang bermanfaat untuk membantu mencegah pengeroposan tulang dan juga menguatkan tulang

  1. Mencegah dan menyembuhkan sakit flu

Sakit flu tentu kita kita pernah mengalaminya, badan terasa meriang dan kepala terasa pusing, ini sungguh mengganggu aktifitas kita. Sakit flu dapat dicegah dan disembuhkan dengan manfaat dari daun katuk. Caranya dengan mengkonsumsi herbal dari rebusan air katuk.

Kandungan efedrin yang terdapat pada air rebusan daun katuk,  bermanfaat mencegah dan menyembuhkan sakit flu. Tidak salah kalau mau mencoba ramuan dari herbal katuk untuk mengobati sakit flu.

Khasiat dari Daun Katuk

Khasiat dari Daun Katuk

  1. Mencegah terjadinya anemia

Pada daun katuk selain memiliki zat dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, juga mengandung  zat besi yang banyak, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita anemia.

Kandungan zat besi pada air rebusan katuk, bermanfaat untuk meningkatkan sel darah merah sehingga dapat  mencegah terjadinya penyakit anemia. Konsumsilah herbal teh dari daun katuk  satu kali sehari, sampai gejala penyakit membaik.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Untuk menjaga daya tahan tubuh, juga dapat memanfaatkan daun katuk. Caranya dengan mengkonsumsi herbal air rebusan daun katuk. Dengan rajin mengkonsumsi teh herbal dari daun katuk, manfaat dari air rebusan daun katuk bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan tubuh pun menjadi sehat dan kuat.

Baca Juga : 8 Manfaat Delima bagi Kesehatan

  1. Menyehatkan mata

Kandungan yang terdapat pada daun katuk, seperti vitamin A yang cukup tinggi, dapat dimanfaatkan untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata. Kandungan vitamin A pada daun katuk, bermanfaat untuk membantu menjaga dan memelihara kesehatan mata.

Caranya dengan mengkonsumsi herbal air  daun katuk, manfaat dari air rebusan ini dapat mengatasi penyakit  mata, seperti iritasi pada mata serta mencegah terjadinya sakit mata atau belekan.

Artikel Terkait :
Tags: ,