6 Manfaat dari Sayur Brokoli yang Menyehatkan

6 Manfaat dari Sayur Brokoli yang Menyehatkan – Brokoli termasuk salah satu dari jenis sayuran. Masih tergolong dalam keluarga kubis. Brokoli mempunyai ciri, yaitu warna yang hijau pekat. Mempunyai rasa lezat,  yang mengandung berbagai macam zat gizi dan nutrisi, yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Cara mengelolah brokoli untuk menjaga kesehatan tubuh, bisa dengan cara, brokoli dapat diolah sebagai sayuran atau diolah sebagai minuman segar dalam bentuk jus.

Brokoli  merupakan sayuran untuk menambah stamina atau daya tahan tubuh. Manfaat brokoli untuk ibu hamil, memang sangat baik sekali, selain untuk menambah stamina atau tenaga. Juga untuk memperlancar pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, sistem kardiovaskular, untuk mencegah penyakit kanker, serta sebagai anti inflamasi.

Brokoli adalah sayuran hijau yang tidak mengandung lemak. rendah Kalori dan sodium, dan mengandung serat yang tinggi. Juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6 serta potasium. Warna hijau, rasa dan aroma  pada brokoli disebabkan oleh zat fitokimia dan anti oksidannya.

Manfaat dari Sayur Brokoli

Manfaat dari Sayur Brokoli

6 Manfaat dari Sayur Brokoli yang Menyehatkan

Antioksidan pada Brokoli juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Juga zat lainnya yang menjadikan brokoli sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.  Brokoli dapat dikonsumsi dengan cara dibuat sebagai sayuran ataupun juga dalam bentuk jus brokoli.

Adapun manfaat jus brokoli atau sayur brokoli untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut;

  1. Menangkal dan menyembuhkan penyakit kanker

Manfaat utama dari brokoli untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan  daya tahan tubuh dan melawan penyakit kanker. Jus brokoli atau brokoli mempunyai sifat yang sama  dengan sayuran seperti; kubis brusel dan kembang kol, dapat melawan penyakit kanker usus dan kanker pada perut. Selain itu juga brokoli bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan kanker rahim dan kanker payudara.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Penyakit kolesterol juga dapat diobati dengan manfaatkan brokoli. Kandungan serat yang tinggi pada brokoli, dapat bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan cara  mengikat asam empedu di saluran pencernaan. Kandungan serat pada brokoli ini,  mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga mencapai 6%.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung dapat juga dengan mengkonsumsi brokoli. Salah satunya manfaat brokoli membantu menurunkan kadar kolesterol, kadar kolesterol yang bagus tentu juga akan menyehatkan jantung. Sistem jantung yang sehat,  dapat menjaga dan melancarkan peredaran darah.

Khasiat dari Sayur Brokoli

Khasiat dari Sayur Brokoli

  1. Mengobati peradangan atau anti-Inflamasi

Bagi penderita radang sendi atau otot dapat diobati dengan menggunakan manfaat dari brokoli. Pada brokoli terdapat zat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mencegah dan menghambat sistem kerusakan pada sendi dan penyakit osteoarthritis.

Pada brokoli terdapat zat Sulforaphane yang bermanfaat dapat membantu merendahkan nyeri pada sendi atau otot dan menyembuhkan peradang pada sendi.

  1. Menjaga dan menyehatkan tulang

Brokoli dapat dikonsumsi oleh semua orang, dari untuk anak-anak, orang dewasa, ibu hamil dan menyusui serta para lansia. Brokoli yang mengandung berbagai zat dan vitamin, seperti mengandung vitamin k dan kalsium yang tinggi. Juga terdapat magnesium, fosfor serta seng, yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dalam menjaga kesehatan.

Baca Juga : Manfaat daun katuk untuk kesehatan

  1. Menjaga dan memelihara kesehatan Mata

Untuk menjaga sistem penglihatan, selain mengkonsumsi wortel, kita juga bisa mengkonsumsi brokoli. Kandungan zat antioksidan, Vitamin A,  vitamin c Vitamin B kompleks.

Serta vitamin k pada brokoli bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan. Juga dapat mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh sinar radiasi dari TV dan ponsel.

Artikel Terkait :
Tags: ,