8 Manfaat dan Khasiat Mengkonsumsi Singkong

8 Manfaat dan Khasiat Mengkonsumsi Singkong – Di Indonesia tanaman singkong, dikenal dengan nama ketela pohon atau juga disebut dengan ubi kayu, sudah banyak dibudidayakan. Tanaman singkong di negara kita  dapat tubuh dengan baik. Dapat hidup sepanjang tahun tanpa mengenal musim, Ketinggian pohon bisa mencapai 3 meteran.

Karena itu singkong dapat kita temukan dengan mudah, dan banyak dijual terutama di pasar tradisional. Sekarang ini, bagi masyarakat kita singkong sudah menjadi kebutuhan pokok untuk menggantikan beras atau nasi.Manfaat singkong untuk kehidupan manusia adalah sebagai sumber makanan pokok.

Singkong dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, misal singkong dapat dimasak dengan cara direbus atau kukus. Dapat juga diolah dengan cara digoreng, seperti dibuat camilan yang lezat, keripik dan lain sebagainya. Singkong juga mengandung berbagai zat dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan untuk manusia.

8 Manfaat dan Khasiat Mengkonsumsi Singkong

Manfaat singkong untuk kesehatan adalah sebagai berikut;

Manfaat Singkong Untuk Tubuh

Manfaat Singkong Untuk Tubuh

  1. SEBAGAI SUMBER TENAGA

Kandungan karbohidrat yang tinggi yang terdapat pada singkong, sangat baik untuk dikonsumsi. Karena dapat memberikan manfaat untuk dijadikan sebagai sumber tenaga. Karena pada 100 gram singkong terdapat 38 gram karbohidrat. Sehingga dapat memberikan asupan karbohidrat yang cukup bagi kebutuhan tubuh perharinya.

  1. MENJAGA KADAR KOLESTEROL

Bagi penderita penyakit kolesterol, sangat baik bila menjadikan  singkong menu alternatif untuk dikonsumsi, terutama adalah singkong rebus. Berdasarkan hasil sebuah penelitian, bahwa manfaat dari singkong, dapat membantu menurunkan dan menjaga kadar kolesterol dalam darah. Juga dapat menurunkan kolestrol jahat (LDL) serta kadar trigilserida.

  1. MENGOBATI ANEMIA

Untuk mengobati dan mencegah penyakit anemia atau penyakit kurang darah, bisa diatasi dengan memanfaatkan singkong. Kandungan mineral dan zat besi pada singkong,  dapat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membentuk mioglobin dan hemoglobin ( pembentukan sel darah merah).

Yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. selain itu daun singkong juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya dari kekurangan zat besi  yang menyebabkan penyakit anemia. Jadi sebaiknya bagi penderita penyakit anemia cobalah banyak mengkonsumsi singkong dan juga daunnya.

  1. MENYEHATKAN JANTUNG

Manfaat singkong yang lainnya adalah dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pada singkong terdapat berbagai zat dan senyawa yang diperlukan oleh tubuh. Pada singkong terdapat juga serat. Kandungan serat inilah yang bermanfaat untuk membantu sistem kesehatan jantung.

  1. MENYEHATKAN TULANG

Kandung pada singkong seperti kalsium, dapat bermanfaat membantu menjaga dan menyehatkan  tulang serta dapat juga untuk menjaga dan menguat gigi. Selain pada singkong pada daunnya pun dapat vitamin, seperti vitamin-K yang juga bermanfaat untuk membantu sistem pembentukan tulang.

Khasiat Singkong Cobasehat

Khasiat Singkong Cobasehat

  1. MENYEHATKAN JARINGAN TUBUH

Manfaat singkong juga dapat membantu, menjaga dan menyehatkan sistem jaringan pada tubuh. Kandungan protein pada singkong, sangat bermanfaat untuk memelihara dan menjaga jaringan tubuh.

Pada daunnya pun terdapat berbagai zat dan senyawa seperti lisin, isoleusin,  protein, valin dan arginin yang jarang ditemukan pada sayuran hijau lainnya serta pada singkong juga mengandung asam amino sama seperti pada kacang kedelai dan telur.

  1. MENJAGA TEKANAN DARAH

Pada singkong terdapat kandungan kalium yang penting untuk sel dan cairan dalam tubuh, yang dapat bermanfaat membantu menyehatkan jantung, serta bermanfaat untuk menjaga tekanan darah dan denyut jantung.

  1. MENGOBATI PENYAKIT KANKER

Manfaat singkong untuk kanker. Kandungan zat dan senyawa pada singkong, serta terdapat juga zat antioksidan, yang bermanfaat untuk membantu  menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : 9 Manfaat Daun Sukun Untuk Menjaga Kesehatan

Radikal bebas inilah penyebab terjadinya penyakit kanker. Dan juga dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Sehingga dapat menyembuhkan penyakit kanker.

Artikel Terkait :
Tags: ,