7 Manfaat dari buah Pepaya untuk Kesehatan

7 Manfaat dari buah Pepaya untuk Kesehatan – Siapa yang tidak kenal buah yang satu yaitu buah pepaya. Buah pepaya yang mempunyai nama lainnya Carica papaya. Di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia, pepaya bisa tumbuh dengan baik dan subur. Buah pepaya yang berasal dari negara Meksiko ini  sudah tersebar hampir di seluruh dunia.

Buah pepaya mempunyai daging buah yang lunak dan lembut ini, dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar untuk camilan ataupun bisa dibuat minuman segar dalam bentuk jus. Buah pepaya yang banyak mengandung zat dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit. Buah pepaya biasa digunakan untuk memperlancar sistem pembuangan. Memperlancar BAB.

Buah pepaya mempunyai rasa yang manis dan mudah untuk dicerna, mempunyai kandungan zat gizi yang berlimpah seperti vitamin, A,  vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, dan yang lainnya. Menjadikan buah pepaya sangat bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

7 Manfaat dari buah Pepaya untuk Kesehatan yaitu:

Manfaat dari buah Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat dari buah Pepaya untuk Kesehatan

  1. Menyehatkan Kulit

Kandungan pada buah pepaya yang kaya akan zat gizi dan berbagai vitamin, bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan kulit, berfungsi untuk melembapkan kulit, menyegarkan dan mencerahkan kulit serta membantu untuk  peremajaan sel-sel kulit yang rusak.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah pepaya yang banyak mengandung zat dan berbagai vitamin juga terdapat serat yang tinggi. Kandungan serat inilah yang bermanfaat untuk membantu memperlancar sistem pencernaan. Dan kandungan zat antioksidan nya bermanfaat untuk membersihkan usus dan memperlancar sistem pembuangan. Sehingga menyehatkan sistem pencernaan, sistem pencernaan yang sehat akan menyehatkan tubuh.

  1. Menyehatkan Mata

Menjaga kesehatan mata dapat diatasi dengan manfaatkan buah pepaya. Kandungan vitamin A yang banyak terdapat pada buah pepaya dapat membantu memelihara kesehatan mata, Caranya konsumsilah buah pepaya secara rutin dan teratur setiap hari. Bila kita rajin mengkonsumsi buah pepaya, menjadikan  mata kita akan sehat dan segar.

  1. Mencegah Radikal Bebas Dalam Tubuh

Pola hidup yang kurang sehat atau banyak mengkonsumsi makanan siap saji dan praktis. Membuat  tubuh banyak akan mendapatkan asupan radikal bebas, tubuh pun menjadi tidak sehat. Untuk mengatasinya dapat memanfaatkan buah pepaya. Lakukan dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin dan teratur. Kandungan zat antioksidan pada buah pepaya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Tubuh akan menjadi sehat dan kuat, kulit pun akan menjadi sehat.

Khasiat dari buah Pepaya untuk Kesehatan

Khasiat dari buah Pepaya untuk Kesehatan

  1. Mengobati Bekas Gigitan Ular

Bila terjadi pada keluarga kita terkena gigitan ular, perlu segera mendapat pertolongan medis karena racun ular yang berbisa cepat menyebar ke bagian tubuh  bisa berbahaya. Jika pertolongan medis masih sulit lakukan untuk pertolongan pertama dengan menggunakan akar dari buah pepaya. Ambil akar pepaya sebanyak lima ruas cuci bersih lalu haluskan. Kemudian balutkan ramuan ini pada kuli yang terkena gigitan ular. Lakukan sebanyak dua kali sehari. Tetapi tetap harus segera mendapatkan pertolongan medis.

  1. Mengobat Kulit Yang Melepuh

Kulit yang melepuh dapat terjadi karena oleh terbakar, bisa juga terkena  knalpot yang panas. Kulit melepuh ini  dapat diobati dengan buah pepaya. Ambil kulit buah pepaya masih mentah ambil getahnya, lalu oleskan pada kulit yang melepuh. Bisa juga dengan buahnya, haluskan buahnya lalu balutkan pada kulit yang melepuh. Lakukan secara rutin sampai kulit sembuh.

Baca Juga : 5 Manfaat Tanaman Daun Sirih

  1. Mengobati Penyakit Malaria

Demam malaria juga dapat diobati dengan herbal dari pepaya. Caranya dengan membuat ramuan dari buah pepaya. Satu selembar daun pepaya, haluskan tambahkan air setengah gelas beri garam secukupnya. Lalu saring air tersebut. Minum air ramuan ini tiga kali sehari selama lima hari.

Artikel Terkait :
Tags: ,