7 Manfaat Bangle Bagi Tubuh dan Kesehatan

7 Manfaat Bangle Bagi Tubuh dan Kesehatan – Tanaman bangle adalah merupakan tanaman tanaman herbal. Tanaman ini juga masih termasuk keluarga jahe, kunyit dan laos. Tanaman ini juga dikenal sebagai Zingiber cassumunar atau Zingiber montanum. Merupakan tanaman temu-temuan. Tanaman bangle mirip dengan tanaman jahe. Bagian tanaman yang dimanfaatkan adalah rimpangnya.

Bangle banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Bangle digunakan sebagai ramuan untuk memijat. Juga sebagai aroma terapi. Serta sebagi obat untuk inflamsi..

  • Tanaman bangle mempunyai batang daun dengan tinggi bisa mencapai 1,5 meter
  • Bangle mempunyai daun selang seling dengan warna hijau tua.
  • Daging rimpang mirip seperti jahe.

Tanaman bangle merupakan tanaman Asia Tenggara. Sehingga hampir tersebar diseluruh Asia termasuk di Indonesia. Tanaman bangle banyak digunakan sebagai bahan makanan dan bahan obat herbal tradisional.

Kandungan Tanaman Bangle

Berdasarkan hasil penelitian dalam rimpang bangle terdapat zat dan senyawa untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam bangle seperti; antoioksidan cassumunarin A, B, C, phenylbutanoids, stras,tras-4, abinene,butadien.

Dan daun bangle mengandung ocinere, sabinene, triqunacene, pinene, caryophyllene.Inilah yang menjadikan bangle bermanfaat untuk kesehatan. Bagi tubuh manusia.

Manfaat Bangle Bagi Tubuh

Manfaat Bangle Bagi Tubuh

7 Manfaat Bangle Bagi Tubuh dan Kesehatan

Manfaat bangle untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut;

  1. Mengobati sakit perut

Ada cara terbaik mengobati sakit perut ketika melanda. Yakni dengan meminum ramuan campuran rimpang bangle, kunyit juga jahe. Karena dapat segera meredakan rasa sakit pada perut akibat terlalu banyaknya asam lambung. Dengan menggunakan kombinasi tiga Kandungan temu-temuan itu bisa menstabilkan produksi asam lambung.

  1. Mengatasi Sakit kepala

Bangle juga bisa digunakan sebagai obat penanganan saat sakit kepala. Namun untuk caranya sedikit berbeda, kali ini bangle akan dijadikan sebagai obat urut. Dengan cara menghaluskan bangle hingga berbentuk krim dengan menghaluskan bangle lalu dicampur dengan air.

Krim tadi kemudian di oleskan pada kepala yang sakit. Cara ini cukup efektif karena krim bangle memberikan rasa hangat. Membuat bagian yang sakit menjadi rileks dan mengurangi rasa sakit kepala.

  1. Dapat Mengobati sakit kuning

Sakit kuning dapat juga diobati dengan penggunaan bangle. Untuk pengobatan nya sendiri bisa menggunakan air rebusan bangle. Cara pengolahan bangle, yaitu mencuci kira-kira 20 gram rimpang bangle kemudian diparut.

Hasil parutan lalu direbus dengan satu gelas air. Bisa juga ditambahkan sedikit madu dan perasan buah jeruk nipis. Air rebusan ini diminum sebanyak 2 kali sehari.

  1. Obat Penyakit rematik

Bangle dipercaya bisa mengobat penyakit yang berhubungan dengan persendian termasuk rematik. Kita dapat membuat bangle menjadi campuran krim untuk dioleskan pada bagian sakit rematik. Caranya, haluskan bangle 15 gram, campur bersama arak Cina. Lalu pijatkan dibagian sendi yang rematik.

  1. Mencegah cacingan

Manfaat bangle juga dipercaya dapat mencegah dan mengobati cacingan. Caranya bisa dengan mengkonsumsi ramuan herbal bangle. Ambil 30 gram bangle, temu ireng 2 jari, ketumbar 7 butir, dan daun sirih sebanyak 5 lembar. Cuci bersih semua bahan haluskan, tambahkan air hangat secukupnya lalu saring ambil airnya dan diminum.

khasiat bangle cobasehat

khasiat bangle cobasehat

  1. Melancarkan sistem pembuangan (BAB)

Manfaat bangle juga dapat membantu melancarkan sistem pembuangan (BAB). Sistem pembuangan tidak lancar akan terjadi gangguan sembelit. Gangguan sembelit dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan bangle.

Caranya membuat air rebusan bangle. Ambil bangle 20 gram iris tipis-tipis. Cuci bersih tambahkan air 2 gelas rebus sampai mendidih. Sisakan separuhnya, Minum 2 kali sehari. Lakukan sampai sembelit hilang.

Baca Juga : 6 Manfaat dari Kacang Mete Untuk Kesehatan

  1. Sebagai sumber antioksidan

Manfaat bangle juga dapat dijadikan sebagai sumber anti oksidan. Karena dalam bangle terdapat kandungan cassumunarin A, cassumunarin B, dan cassumunarin C. Zat inilah yang bermanfaat sebagai antioksidan. Sehingga dapat menyehatkan tubuh.

Artikel Terkait :
Tags: ,