7 Manfaat Baik Konsumsi Kentang untuk Tubuh Manusia

7 Manfaat Baik Konsumsi Kentang untuk Tubuh Manusia – Kentang adalah merupakan sayuran umbi, yang berasal dari negara Amerika. Masih tergolong keluarga dari umbi-umbian. Di Amerika, kentang menjadi makan pokok. Tanaman kentang sudah dibudidayakan di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Kentang yang merupakan sayur umbi. Mempunyai bentuk bulat agak lonjong, warna umbi yang kuning. Rasa daging yang lunak dan lezat, banyak digunakan sebagai menu, termasuk salah satu manfaat kentang untuk diet. Kentang sangat baik dikonsumsi bagi penderita penyakit diabetes.

Kentang banyak mengandung berbagai zat dan vitamin penting bagi kesehatan tubuh, seperti kalsium, fosfor, protein,  zat besi, lemak, dan mineral dan zat penting lainnya. Sehingga kentang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai menu alternatif harian, karena mengandung berbagai nutrisi baik untuk tubuh, sehingga bermanfaat menyehatkan tubuh.

Manfaat kentang bagi wajah, yaitu untuk membuat wajah terlihat cantik alami dan dapat mencegah terjadinya keriput. Di dunia kecantikan kentang sudah dimanfaatkan, untuk memelihara kesehatan pada wajah dan kulit secara tradisional. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang dapat mencegah terjadinya keriput.

7 Manfaat Kentang

7 Manfaat Kentang

7 Manfaat Baik Konsumsi Kentang untuk Tubuh Manusia

Adapaun beberapa manfaat dari kentang untuk kesehatan tubuh manusia sebagai berikut;

  1. Menyembuhkan penyakit kanker

Salah satu manfaat kentang adalah dapat bermanfaat menyembuhkan  penyakit kanker. Kentang mengandung banyak vitamin B,  yang  sangat bermanfaat mencegah dan membunuh sel-sel kanker. Baik kanker rahim pada wanita maupun kanker prostat pada pria serta penyakit  tumor. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi kentang secara rutin dan teratur, bisa mencegah tumbuhnya penyakit kanker.

  1. Mengobati penyakit kolesterol

Pada kentang terdapat zat potassium,  yang bermanfaat untuk mengobati kadar kolesterol dalam tubuh. Senyawa yang terdapat pada kentang, dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol dalam darah. Serta kandungan kalori yang rendah pada kentang,  kentang rebus sangat baik dikonsumsi bagi penderita penyakit kolesterol sebagi alternatif sebagai menu.

  1. Mencegah penyakit batu ginjal

Pada kentang terdapat kalsium dan  zat besi, yang bisa menyebabkan terbentuknya penyakit batu ginjal, selain itu kentang juga mengandung zat magnesium yang cukup tinggi. Kandungan magnesium inilah yang bermanfaat  untuk mencegah terjadinya jaringan batu ginjal. Sehingga kentang merupakan makanan yang baik bagi penderita penyakit batu ginjal.

  1. Memelihara kesehatan tulang

Untuk memelihara kesehatan tulang, memang sangat tepat, kandungan zat besi pada kentang, dapat bermanfaat membantu memelihara dan menjaga kesehatan tulang. Juga pada kentang terdapat zat seperti fosfor, kalsium, magnesium, yang bermanfaat untuk  membantu pembentukan dan menguatkan tulang.

Khasiat dari Kentang

Khasiat dari Kentang

  1. Menjaga tekanan darah tinggi

Manfaat lain dari kentang adalah, dapat membantu  menjaga kestabilan tekanan darah. Kandungan  natrium yang tinggi bisa dikurangi, dengan mengkonsumsi kentang, agar bisa bermanfaat  membantu menjaga  kestabilan tekanan darah. Juga pada kentang terdapat zat  seperti kalium dan kalsium,serta  magnesium dapat bermanfaat  membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Menyehatkan jantung

Kandungan zat gizi yang terdapat pada kentang, sangat bermanfaat untuk membantu menyehatkan,  sistem kinerja jantung supaya tetap sehat. Juga pada kentang terdapat  kandungan kolestrol cukup rendah, sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung,  sehingga tidak akan terjadi efek samping yang membahayakan jantung.

Baca Juga : 8 Manfaat Menyehatkan dari Daun Singkong

  1. Menjaga kesehatan saraf dan otak

Manfaat lain dari kentang,  yang sangat luar biasa adalah dapat bermanfaat  membantu  menjaga kesehatan saraf dan otak. Kentang mengandung vitamin B6 yang sangat tinggi, yang bermanfaat untuk  menjaga dan menyehatkan  otak serta membantu memelihara sistem kinerja pada syaraf.

Artikel Terkait :
Tags: , ,