Beberapa Manfaat Kecambah Untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Kecambah Untuk Kesehatan Tubuh – Kecambah adalah merupakan sayuran yang termasuk jenis dari tunas. Kecambah biasanya berasal dari biji-bijian seperti kacang hijau, kedelai dan juga gandum. Bijian-bijian ini akan meningkat nilai nutrisinya setelah menjadi kecambah.

Setelah menjadi kecambah akan banyak terdapat zat dan vitamin penting bagi kesehatan tubuh manusia. Zat dan vitamin yang terdapat pada kecambah seperti; zat besi, potasium, protein,  antioksidan, beo flavonoid, asam folat, niacin, kemo protectants, seng, riboflavin, tembaga dan magnesium.  Juga terdapat serat dan vitamin C, dan vitamin K.

Kandungan zat dan vitamin inilah menjadikan kecambah bermanfaat untuk kesehatan. Juga bermanfaat untuk kecantikan. Kecambah banyak dimanfaatkan sebagai sayuran pelengkap. Seperti digunakan untuk campuran sayur soto, gado-gado, juga seperti pada makanan bakso.

Rasa kecambah yang enak dan segar, menjadikan kecambah bisa dikombinasikan pada setiap masakan. Cara mengkonsumsi kecambah. Kecambah dapat dijadikan sayuran pelengkap seperti pada soto, sayur bening, gado-gado dan lain sebagainya. Juga kecamba bisa dikonsumsi secara mentah.

Manfaat kecambah mentah adalah untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang masih utuh. Sehingga dapat bermanfaat secara optimal bagi kesehatan. Tetapi kecamba juga dapat dikonsumsi dalam setengah matang, juga tidak mengurangi nilai nutrisi pada kecamba.

Manfaat Kecambah Cobasehat.com

Manfaat Kecambah Cobasehat.com

Beberapa Manfaat Kecambah Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebaiknya mulai sekarang, cobalah mengkonsumsi kecamba sebagai menu harian. Manfaat kecambah untuk kesehatan dan kecantikan adalah sebagai berikut;

  1. Memelihara kesehatan pencernaan

Manfaat kecambah yang pertama adalah membantu memelihara sistem pencernaan. Pada kecambah terdapat kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat pada kecambah bermanfaat untuk memperlancar sistem pembuangan. Sehingga BAB akan menjadi lancar, pencernaan pun sehat tubuh juga menjadi kuat.

  1. Meningkatkan kesuburan

Manfaat kecambah untuk kesuburan wanita adalah untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Karena pada kecambah terdapat vitamin K dan juga antioksidan. Kedua zat ini sangat  bermanfaat untuk melindungi sel-sel telur dan sperma dari serangan radikal bebas. Sehingga dapat meningkatkan kesuburan.

  1. Menyehatkan tulang

Manfaat kecamba juga untuk menjaga dan memelihara kesehatan tulang. Pada kecamba terdapat zat estrogen, adalah hormon alami yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Zat estrogen yang tinggi pada kecambah inilah, yang bermanfaat untuk menjaga dan menyehatkan tulang. Sehingga tulang menjadi sehat, kuat dan padat. Dan dapat terhindar dari penyakit osteoporosis.

  1. Mencegah penyakit kanker kolon

Untuk mencegah terjadinya penyakit kanker kolon, juga dapat memanfaatkan kecamba. Seperti pada uraian di atas, bahwa kecambah banyak mengandung berbagai zat dan nutrisi penting bagi tubuh manusia. Juga pada kecambah terdapat serat yang cukup tinggi.

Serat inilah yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pembuangan atau BAB. Dengan lancarnya BAB, racun-racun pada usus akan terbuang, usus pun menjadi sehat. Sehingga terhindar dari penyakit kanker usus atau kolon. Bila mengkonsumsi kecamba setiap hari akan membantu menyehatkan pencernaan.

khasiat kecambah atau toge

khasiat kecambah atau toge

  1. Menjaga Stamina tubuh

Pada kecamba banyak terdapat berbagai zat dan vitamin. Zat dan vitamin inilah yang menjadi nutrisi penting bagi kesehatan manusia. Juga dapat dijadikan sebagai sumber untuk mendapatkan tenaga. Pada kecambah juga terdapat kandungan protein yang mudah diserap oleh pencernaan.

Sehingga dapat bermanfaat sebagai sumber tenaga. Bila kita ingin menjaga daya tahan tubuh atau stamina, Konsumsi lah kecambah sebagai menu harian.

Baca Juga : 9 dari Manfaat Buah Salak yang Lezat

  1. Baik Digunakan Sebagai Program Diet

Untuk Anda yang sedang diet atau berencana menurunkan berat badan. Sangat baik ikut menyertakan konsumsi kecambah dalam menu diet anda. Karena Kandungan lemak dan kalori nya yang rendah, dan kandungan protein juga vitamin yang tinggi.

Membuatnya bisa menjadi menu andalan saat diet, karena tetap memenuhi keperluan protein tubuh. Jadi meskipun dalam kondisi diet, Anda tidak akan merasa kekurangan tenaga dan tetap fit.