4 Khasiat Manfaat Tanaman Pare bagi Kesehatan

4 Khasiat Manfaat Tanaman Pare bagi Kesehatan – Pare merupakan jenis tanaman yang hidup merambat. Pare adalah sayuran yang masih termasuk golongan keluarga labu-labuan atau cucurbitaceae. Tanaman pare mempunyai nama latin momordika charantina. Tanaman pare berasal dari negara Asia Tropis.

Tanaman pare mempunyai warna kulit yang hijau, permukaan kulit bergerigi. Tentunya dengan ciri khas mempunyai rasa yang agak pahit. Di Indonesia sayur pare mempunyai banyak nama. Seperti di Jawa Barat disebut paria, pare, paper. Di Sumatera disebut paria, fori. Di Sulawesi disebut dengan palia, pentu dan pare.

Pare biasa dimanfaatkan sebagai sayuran. Pada sayur pare juga terdapat kandungan zat dan senyawa penting untuk tubuh. Zat dan senyawa pada pare inilah,  menjadikannya sebagai sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan zat dan senyawa yang terdapat pada sayur pare seperti vitamin A, vitamin,C, vitamin B1, zat besi, serat, posfor, protein, kalsium, serat, air, lemak dan energi. Sayur pare ada beberapa jenis yaitu pare hijau, pare belut dan pare gajih.

4 Khasiat Manfaat Tanaman Pare bagi Kesehatan

Manfaat pare untuk kesehatan adalah sebagai berikut;

  1. Mengobati penyakit diabetes

Khasiat pare untuk diabetes adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Karena pada pare terdapat senyawa chartin sebagai peptida yang berfungsi menyerupai atau sama seperti insulin dan alkaloid.

Senyawa ada pare inilah yang bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah. Jadi dengan mengkonsumsi pare kita telah menjaga tubuh dari penyakit diabetes. Pare dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dibuat jus

Cara dengan direbus yaitu Siapkan pare secukupnya cuci bersih, potong-potong lalu direbus dengan air cukupnya. Dinginkan parenya dikonsumsi sebagai sayur dan airnya diminum sebagai obat.

Cara Membuat Jus Pare

Langkah membuat jus pare adalah sebagi berikut;

  1. Siapkan pare sebanyak 200 gram bersihkan.
  2. Kemudian potong-potong campur air sedikit lalu haluskan.
  3. Lalu disaring diambil airnya. Panaskan sebentar diatas api.
  4. Kemudian dinginkan lalu diminum.
  1. Manfaat pare untuk ibu hamil

Manfaat pare untuk ibu hamil adalah bila dikonsumsi secukupnya tidak berlebihan dapat meningkatkan kesehatan. Karena kandungan zat dan vitamin pada pare dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi. Karena pare termasuk salah satu jenis sayuran yang bermanfaat sebagai obat.

Tetapi sebaiknya ibu hamil   jangan terlalu sering mengkonsumsi sayuran ini. Karena bisa menyebabkan efek samping yang cukup berbahaya bagi ibu hamil. Efek samping yang bisa terjadi; dapat memicu keguguran, gangguan masalah pencernaan dan menyebabkan alergi.

  1. Manfaat pare untuk kecantikan

Manfaat pare untuk kecantikan adalah menghilangkan jerawat, dan menurunkan kelebihan berat bada. Pare banyak mengandung antioksidan, serat, dan rendah kalori. Zat anti oksidan inilah yang bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit. Juga kandungan serat pada pare membantu untuk menurunkan berat badan yang berlebih, sehingga tubuh terlihat langsing dan indah.

Khasiat dari Sayur Pare

Khasiat dari Sayur Pare

  1. Manfaat Pare untuk ibu menyusui

Manfaat pare untuk ibu menyusui adalah untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Bagi ibu menyusui mengkonsumsi sayur pare sangat baik. Karena pada sayur pare terdapat zat dan senyawa penting bagi kesehatan tubuhz; seperti antioksidan, vitamin K, likopen, dan fitokimia.

Zat dan senyawa ini bermanfaat melancarkan produksi ASI. Caranya dengan mengkonsumsi sayur pare yang direbus atau jus pare.

Baca Juga : 5 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan Manusia

Agar rasa sayur pare tidak terasa pahit caranya;

Sayur pare dipotong keci-kecil remas dengan garam kemudian cuci lalu masak sesuai selera. -Bila merebus pare cukup dengan air yang sedikit, untuk mengurangi rasa pahit. -Juga untuk mengurangi rasa pahit, pare dapat digoreng.