6 Khasiat dan Manfaat Bawang Merah yang Baik

6 Khasiat dan Manfaat Bawang Merah yang Baik Untuk Tubuh –  Bawang merah merupakan jenis rempah untuk bumbu masak. Bawang merah masih termasuk keluarga umbi-umbian juga sama dengan bawang putih.  Bawang merah bagi ibu-ibu merupakan teman sehari-hari. Karena bawang merah selalu digunakan dalam setiap masakan. Walaupun terkadang ibu-ibu bisa menangis karena akibat dari proses pengolahan bawang merah.

Bawang merah merupakan tanaman asli Indonesia. Bawang merah mempunyai nama lainnya alium cepat. Bawang merah adalah salah satu rempah yang digunakan dalam setiap masakan. Bawang merah mempunyai warna kuli yang merah. Berbentuk bulat dan aroma yang agak menyengat.  Dari aroma inilah memberikan rasa yang enak dan gurih pada setiap masakan.

Selain diketahui mempunyai rasa yang enak dan gurih. Bawang merah juga mengandung berbagai zat dan vitamin  penting untuk kesehatan tubuh manusia. Zat dan vitamin inilah menjadikan bawang merah bermanfaat untuk kesehatan.

6 Khasiat dan Manfaat Bawang Merah yang Baik Untuk Tubuh

Khasiat Bawang Merah yang Baik

Khasiat Bawang Merah yang Baik

Manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut;

  1. Mengobati penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit kanker harus segera mendapatkan pengobatan.  Pengobatan dapat dilakukan baik secara medis maupun secara tradisional. Secara tradisional dapat menggunakan bawang merah.

Karena pada bawang merah terdapat kandungan  antioksidan. Anti oksidan pada bawang putih inilah bermanfaat untuk mencegah kanker. Zat antioksidan ini berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Juga membantu untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari serangan berbagai jenis penyakit kanker.

2.Meningkatan daya tahan tubuh

Manfaat makan bawang merah mentah setiap hari adalah untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Caranya Makan bawang merah mentah secara rutin. Karena kandungan quercetin pada bawang merah bermanfaat membunuh pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Juga mencegah terjadinya peradangan akibat infeksi.

Manfaat bawang merah untuk flu. Karena pada bawang merah terdapat kandungan berbagai zat dan senyawa penting bagi tubuh. seperit zat quercetina pada bawang merah berfungsi untuk membunuh  bakteri dan virus. Bakteri dan virus inilah sebagai penyebab terjadinya penyakit flu.

  1. Menyehatkan sistem kinerja jantung

Bawang merah bermanfaat untuk menyehatkan sistem kinerja jantung. Pada bawang merah terdapat kandungan zat kromium.  Kromiun adalah senyawa kimia yang berfungsi mencegah terjadinya serangan jantung. Mengkonsumsi bawang merah setiap hari dapat membantu menyehatkan tubuh.

  1. Menjaga mood

Untuk menjaga suasana hati atau mood adalah dapat menggunakan bawang merah. Perasaan galau atau resah dapat diatasi dengan bawang merah. Karena pada bawang merah terdapat kandungan folat. Folat pada bawang merah berfungsi menjaga homosistein pada tubuh.

Zat homosistein ini bermanfaat untuk produksi hormon serotonin, norepinephrine dan dopamine. Ketiga zat ini lah yang  mengatur suasana atau mood menjadi senang, bahagia. Juga menambah nafsu makan dan tidur pun menjadi lelap.

Manfaat dan Kandungan Bawang Merah

Manfaat dan Kandungan Bawang Merah

  1. Menurunkan Kelebihan berat badan

Bagi anda yang mengalami kelebihan akan berat badan.  Tentunya ini sangat mengganggu. Baik penampilan fisik maupun berdampak bagi kesehatan. Pada bawang merah terdapat kandungan zat dan senyawa. Zat dan senyawa pada bawang ini bermanfaat membatu menurunkan berat badan. Ini berarti membantu anda dalam menjalankan program diet.

Baca Juga : 5 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menjaga kadar gula darah

Penyakit gula darah adalah penyakit yang terjadi karena kelebihan zat gula. Tubuh mempunyai zat gula yang berlebih dalam darah. Untuk mengatasi dapat dengan mengkonsumsi bawang merah. Pada bawang merah terdapat zat dan senyawa yang bermanfaat menjaga kadar gula tetap normal.

Juga zat kromium dan mineral pada bawang merah berfungsi untuk menjaga insulin. Caranya anda dapat mengkonsumsi bawang merah mentah. Juga dapat dibuat dalam bentuk jus.