Efek Samping Kumis kucing bagi Tubuh

8 Efek Samping Kumis kucing bagi Tubuh- Tanaman kumis kucing merupakan tanaman semak. Bisa tumbuh pada tempat yang basah ataupun tempat yang kering. Dengan ketinggian bisa mencapai 1,5 meter. Kumis kucing  memiliki daun yang berbentuk telur taji, ini merupakan ciri khas dai tanaman kumis kucing. Bunganya mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih. Daun bergerigi kasar.

Kandungan pada kumis kucing  seperti kalium yang sangat tinggi. Juga terdapat glikosida orthosiphonim  yang bermanfaat membantu melarutkan asam urat fosfat dan  oksalat dan fosfat dari dalam tubuh. Selain itu kumis kucing juga bermanfaat menyembuhkan penyakit empedu dan ginjal.

Kencing batu, Rematik, Kencing manis, tekanan darah tinggi. Kumis kucing, selain mempunyai manfaat yang banyak  untuk menjaga kesehatan. Juga memiliki efek samping bisa dikonsumsi secara berlebihan.

8 Efek samping dari daun kumis kucing

Efek samping dari daun kumis kucing

Efek samping dari daun kumis kucing

  1. Menyembuhkan Penyakit Bantu Ginjal

Kumis kucing kaya akan manfaat. Bisa digunakan untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit ginjal., Herbal alami dari kumis kucing  lebih baik dari pada obat kimia. Bila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan komplikasi. Jadi bila kita menggunakan herbal ini sebagai obat harus sesuai dengan ukuran.

  1. Menyebabkan Sakit Perut

Walaupun bermanfaat  menyembuhkan batu ginjal. Kumis kucing juga  bila dikonsumsi secara berlebihan mempunyai  efek samping. Bisa menyebabkan fungsi ginjal terganggu. Ketika fungsi ginjal terganggu, efek nya perut akan terasa sakit. Akan menyebabkan timbulnya penyakit maag. Penyakit asam lambung. jadi selain memberikan manfaat juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit.

  1. Menyebabkan Keracunan

Mengkonsumsi obat herbal yang berlebihan akan menyebabkan keracunan, Jadi konsumsi lah obat herbal sesuai dosisnya. Beberapa obat herbal tidak mempunyai indikasi  efek samping. Tetapi bila dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan.

  1. Membuat Sesak Napas

Penyebab dari Sesak napas banyak faktor seperti, polusi udara dan  debu. Mengkonsumsi daun kumis kucing secara berlebihan, juga bisa menyebabkan serangan sesak napas. Jadi selain banyak memberikan  manfaat,  kumis kucing juga memiliki efek samping. Sehingga bisa menyebabkan terjadinya penyakit  sesak napas.

  1. Mengganggu Fungsi Jantung

Ternyata mengkonsumsi herbal kumis kucing yang berlebih, akan mengganggu sistem kinerja jantung. Jantung merupakan organ vital dalam tubuh. Jantung berfungsi untuk mengatur sistem peredaran darah. Di dalam tubuh kita.

Bila kesehatan jantung terjaga, sistem  peredaran darah di dalam tubuh akan lancar, dapat menjaga keseimbangan fungsi tubuh.  Sebaiknya  mengkonsumsi herbal harus sesuai dengan takaran yang tetap,  supaya tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Efek daun kumis kucing

Efek daun kumis kucing

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Penyakit darah tinggi memang bisa diatasi,  dengan manfaat dari daun kumis kucing. Kandungan khasiat yang terdapat pada dari daun kumis kucing,  bisa membantu untuk menormalkan tekenan darah tinggi. Tetapi bila  mengkonsumsi kumis kucing berlebih, tidak sesuai takaran yang tepat, darah yang normal, akan berubah menjadi darah rendah. Akibat darah rendah tubuh akan menjadi lemas, pusing dan sakit kepala.

  1. Menyebabkan alergi

Ada salah satu efek samping lain, yang bisa ditimbulkan dari daun kumis kucing. Tidak hanya sekedar kumis kucing saja, berbagai daun herbal juga memiliki efek samping serupa. Termasuk dalam bentuk obat / kapsul herbal. Namun sering kali penyebab Alergi setiap orang berbeda.

Ini terjadi apabila tubuh pasien tidak bisa menangkal bahan-bahan herbal yang masuk. Salah satu jenis alergi yang timbul, melalui daun kumis kucing biasanya seperti bintik-bintik kecil di seluruh tubuh. Bisa termasuk sampai wajah, dengan ciri khas berwarna merah muda.

  1. Tidak baik dikonsumsi ibu hamil

jika terlalu banyak mengkonsumsi kumis kucing, akan berdampak tidak baik untuk ibu hamil. Karena Kandungan kalium yang ada pada kumis kucing ini bisa menyebabkan keguguran pada kehamilan.

Baca Juga : Search 8 Manfaat dan Khasiat daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Ini saja 8 efek samping yang disebabkan karena mengkonsumsi terlalu banyak kumis kucing. Semoga Bermanfaat Dan Terima kasih.