9 Manfaat Daun Pepaya untuk Tubuh

9 Manfaat Daun Pepaya untuk Tubuh – Manfaat dari  daun pepaya sebagai obat untuk kesehatan tedak diragukan lagi dan sudah sangat terkenal. Karena memiliki rasa yang sangat pahit. Daun pepaya sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat herbal tradisional. Di Indonesia daun pepaya yang disebut juga dengan daun kates ini sangat banyak manfaatnya sebagai obat herbal alami untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Dapat mengobati masalah jerawat, dan meringankan nyeri pada waktu menstruasi.

Buah pepaya pun selain sebagai makanan sehat juga bermanfaat sebagai obat. Buah pepaya dapat bermanfaat untuk membantu  memelihara kesehatan tubuh. Memelihara kesehatan kulit dan bisa juga  sebagai obat untuk menghitamkan rambut dengan menggunakan biji dari buah pepaya.

Dengan rasa khas yang pahit daun pepaya mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Agar terasa tidak pahit bila mengkonsumsi daun pepaya, bisa dilakukan dengan cara, daun pepaya atau daun kates ini rebus bersama daun jambu dengan perbandingan  1:3,  atau daun pepaya diremas-remas dengan  garam dapur baru direbus.

Rasa pahit yang khas pada daun pepaya  disebabkan oleh senyawa dari alkaloid karpain yang berkhasiat sebagai obat, yang dapat menyembuhkan demam panas, menormalkan tekanan darah tinggi, juga dapat membasmi mikroba sebagai penyebab terjadinya penyakit pada tubuh.

9 Manfaat Daun Pepaya untuk Tubuh

9 Manfaat Daun Pepaya untuk Tubuh

9 Manfaat Daun Pepaya untuk Tubuh dan Kesehatan

Ada setidaknya 9 manfaat dan khasiat hebat dari daun pepaya, yang bisa kamu rasakan efeknya secara langsung.

  1. Obat Penambah Nafsu Makan

Bila kita sedang kurang berselera untuk makan bisa diatasi dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya bermanfaat untuk meningkatkan selera  nafsu makan, caranya ambil satu tangkai daun pepaya segar, haluskan  beri air matang sebanyak seperempat gelas saring tambahkan sedikit garam lalu air diminum. Ramuan ini juga dapat diberikan pada anak yang mengalami  gangguan  susah makan. Lakukan dua kali sehari.

  1. Menjaga kesehatan  Pencernaan

Untuk menjaga kesehatan pencernaan bisa diatasi dengan merebus daun pepaya lalu dikonsumsi sebagai sayuran. Daun pepaya bisa juga dimasak dengan cara di tumis untuk lebih menambah selera.  Bila sistem pencernaan sehat kita bisa terhindar dari penyakit pencernaan.

  1. Menghilangkan nyeri

Untuk menghilangkan rasa nyeri bagi wanita yang sedang menstruasi secara mudah dan aman.  Dapat menggunakan herbal dari daun pepaya sebagai obat tradisional alami. Rebus daun pepaya segar sebanyak satu lembar hingga mendidih  tambahkan sedikit asam jawa dan garam, dinginkan minum air  rebusan . Rasa nyeri akan menjadi berkurang. Tetapi daun pepaya kurang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena tidak baik untuk kesehatan janin.

  1. Menyembuhkan jerawat

Penyakit jerawat dapat diobati secara alami dengan cara menggunakan daun pepaya. Ambil daun pepaya yang agak tua lalu  jemur sebentar, kemudian haluskan tambahkan sedikit air hangat. Kemudian maskerkan pada wajah diamkan kira-kira setengah jam, baru bersihkan wajah dengan air bersih. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

  1. Menyembuhkan Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang cukup berat. Penyakit kanker juga dapat diobati dengan daun pepaya. Caranya dengan mengkonsumsi daun pepaya sebagai sayuran atau lalapan Lakukan secara rutin dan teratur. Karena pada daun pepaya  terdapat getah putih yang berkhasiat sebagai anti kanker. Zat ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Menormalkan Tekanan Darah

Manfaat lain dari daun pepaya dapat menormalkan Tekanan darah dalam tubuh. Dengan membuat air rebusan dari daun pepaya. Ambil daun pepaya sebanyak lima lembar rebus dengan air tiga gelas sampai mendidih dinginkan. Hangat kuku Minum  air rebusan pepaya bisa ditambahkan madu atau gula aren.

Khasiat Daun Pepaya untuk Tubuh

Khasiat Daun Pepaya untuk Tubuh

  1. Menyembuhkan Demam Berdarah

Bila ada keluarga yang menderita penyakit demam berdarah, dapat diobati dengan herbal dari daun pepaya. Rebus daun pepaya sebanyak lima lembar  campur dengan temulawak  sebanyak 3 bonggol, meniran dan gula merah secukupnya sampai mendidih, minum  ramuan ini satu kali sehari sampai penyakit demam berdarah membaik.

  1. Melancarkan ASI Ibu Menyusui

Bagi ibu yang sedang menyusui, kegunaan daun pepaya bisa melancarkan ASI secara alami. Siapkan 5 lembar daun muda kemudian letakkan di atas api sampai daun layu. Tempelkan selagi hangat di atas payudara ibu kecuali bagian puting.

Baca Juga : 7 Manfaat dari buah Pepaya untuk Kesehatan

  1. Memperkuat Tulang Dan Gigi

Konsumsi sayur daun pepaya secara teratur dapat memperkuat tulang dan gigi anda. Kandungan alaminya dipercaya bisa membuat gigi lebih kuat dan tulang lebih sehat.

Artikel Terkait :
Tags: ,