8 Manfaat Tanaman Buah Ceri untuk Manusia

8 Manfaat Tanaman Buah Ceri untuk Manusia – Tanaman buah ceri dikenal juga dengannama buah kersen. Sebutan buah kersen masih jarang kita dengar. Tanaman Buah ceri merupakan tanaman liar. tanaman ceri dapat kita jumpai di mana saja, yang penyebaran atau pertumbuhannya disebarkan oleh burung atau kelelawar. Tanaman buah ceri bisa ditanam di pekarangan sebagai tanaman pelindung.

Di Indonesia tanaman ceri mempunyai nama yang berbeda di setiap tempat atau daerah. Buah ceri ada yang menyebutnya dengan sebutan buah ceri, buah seri balecci dan lainnya.

Tanaman buah ceri memiliki daun yang kecil seperti daun katu. Bentuk buah buah kecil-kecil seperti kelereng. mempunyai buah yang berwarna hijau dan berwarna merah bila buah sudah tua atau matang. Buah ceri mempunyai biji yang halus seperti pasir.

Tanaman buah ceri selain rasanya yang manis dan enak juga kaya akan berbagai zat dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Adapun manfaat dari tanaman ceri sebagai berikut.

Manfaat Tanaman Buah Ceri atau Kersen

Manfaat Tanaman Buah Ceri atau Kersen

8 Manfaat Tanaman Buah Ceri atau Kersen untuk Manusia

  1. Pembasmi Anti bakteri

Pada buah ceria atau kersen terkandung zat yang dapat membasmi bakteri. Zat bersifat anti bakteri dapat berfungsi membantu untuk membasmi bakteri yang masuk Led alam tubuh kita. Sehingga tubuh kita terhindar dari segan penyakit dan tubuh akan menjadi lebih sehat dan kuat

  1. Menjaga Stamina

Pada buah ceri atau kersen yang mengandung berbagai zat dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga mengandung zat anti oksidan yang tinggi. Zat anti oksidan yang tinggi ini bermanfaat untuk menjaga dan memelihara sistem pertahanan daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Sebagai Antiseptik

Tanaman buah ceri atau kersen mempunyai banyak manfaat termasuk daunnnya pun bermanfaat sebagai obat. Air hasil rebusan dari daun ceri atau kersen mengandung zat seperti tannin, flavonoid dan saponin bermanfaat untuk membunuh bakteri. Caranya dengan membuat air rebusan dari daun ceria atau kersen lalu diminum.

  1. Menjaga Peradangan

Pada daun ceri atau kersen terdapat zat anti inflamasi . Penyakit peradangan dapat diobati dengan mengkonsumsi rebusan dari daun ceri atau kersen . Pada air rebusan daun ceri terdapat zat anti peradangan yang berfungsi untuk menyembuhkan peradangan dan menurunkan demam panas. Caranya dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun ceri secara rutin dan teratur. Lakukan sampai gejala membaik.

  1. Mencegah Kanker

Pada daun ceri atau daun kersen selain terdapat zat dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh juga terdapat zat flavonoid yang berfungsi sebagai anti kanker yang dapat membantu mencegah pertubuhan sel-sel kanker. Caranya dengan membuat air rebusan dari daun ceri. Diminum seperti teh , lakukan secara rutin dan teratur.

Manfaat Buah Ceri atau Kersen

Manfaat Buah Ceri atau Kersen

  1. Menyembuhkan Penyakit Asam Urat

Kandungan zat dan vitamin yang terkandung pada buah ceri atau kersen dapat bermanfaat mencegah dan menyembuhkan penyakit asam urat.

  1. Menjaga Kesehatan jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara mengkonsumsi air rebusan dari daun ceri atau daun kersen . Lakukan secara rutin dan teratur. Pada daun ceri atau kersen terdapat zat yang berfungsi melindungi sistem kerja jantung. sehingga jantung menjadi sehat.

Baca Juga : 9 Manfaat Daun Pepaya untuk Tubuh

  1. Meredakan Kram perut

Penyakit kram pada perut dapat diobati dengan memanfaatkan bunga dari buah ceria atau bunga kersen. Zat yang terdapat pada bunga ceri berfungsi untuk mengobati kram pada perut. Caranya dengan membuat air rebusan dari buah ceria atau kersen dan meminumnya.

Artikel Terkait :
Tags: ,