4 Efek Samping dari Konsumsi Daun Salam

4 Efek Samping dari Konsumsi Daun Salam Berlebihan – Selama ini daun salam sudah terkenal sebagai bumbu, sebagai penambah rasa dan untuk memberikan aroma khas ada masakan. Pohon salam yang terkenal banyak manfaat, Semua bagian dapat digunakan baik sebagai rempah untuk masakan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam pengobatan herbal tradisional.

Manfaat dari kulit kayu pohon salam digunakan untuk membuat anyaman sama seperti menganyam pada kulit bambu. Pada buah dapat digunakan untuk menambah rasa atau bisa dimakan dengan rasa yang agak sepat. Tanaman kayu pohon dapat dibudidayakan dengan cara cangkok, di stek atau menggunakan bijinya.

Ciri khas dari pohon salam memiliki daun rimbun. Daun salam dapat digunakan di dalam masakan dalam keadaan segar atau dalam keadaan sudah kering. Daun salam yang mempunyai nama lainnya  syzigium  polyanthum.

Daun ini bila ditambahkan pada masakan, dapat memberikan rasa dan aroma yang khas pada masakan sehingga menambah selera dan  menggoda untuk dinikmati. Selain daun salam dimanfaatkan untuk menjaga  kesehatan dan perawatan kecantikan.

Ada 4 Efek Samping Daun Salam Bila Dikonsumsi Berlebihan

Efek Samping dari Konsumsi Daun Salam

Efek Samping dari Konsumsi Daun Salam

  1. Terjadinya Konstipasi

Daun salam termasuk bumbu rempah untuk penambah rasa dan aroma dalam berbagai  makanan. Senyawa yang terkandung pada daun salam, termasuk zat yang sulit untuk dicerna oleh pencernaan..

Karena sulit untuk dicerna, ini yang menyebabkan terjadinya efek samping seperti konstipasi. Mengkonsumsi daun salam sebagai herbal, yang dilakukan secara rutin tentu meningkatkan jumlah asupan yang berlebih. Sehingga memperlambat proses pencernaan, dan menyebabkan susahnya  buang air besar.

Bagi  penderita darah tinggi, yang biasa mengkonsumsi herbal ini  sering mengalami gejala konstipasi. Untuk mengatasinya perbanyak lah mengkonsumsi air putih dan buahan segar serta sayuran.  Juga bisa mengkonsumsi herbal daun cincau.

Daun salam juga dapat dipergunakan untuk mengatasi penyakit pencernaan seperti diare. Dilihat dari  efek samping daun salam yang dikonsumsi secara berlebih, yang menyebabkan terjadinya sulit buang air besar sehingga menjadikan daun salam bermanfaat untuk mengobati penyakit diare.

  1. Menyebabkan Sesak Napas

Bagi penderita penyakit asma , bila menggunakan herbal daun salam sebagai obat, jangan mengkonsumsi nya secara berlebihan. Mengingat pada daun salam terdapat senyawa yang dapat menyebabkan penyempitan pada sistem pernapasan.

Sehingga ini sangat membahayakan bagi penderita asam. terganggu. diketahui dapat berakibat buruk pada penderita gangguan pernapasan seperti asma. Bila ini terjadi segera hentikan mengkonsumsi herbal daun salam ini. Dan berkonsultasi lah kepada Dokter atau ahli herbal. Atau menggunakan herbal lain yang lebih aman sebagai alternatif.

Efek dari Daun Salam

Efek dari Daun Salam

  1. Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Bagi ibu hamil ataupun ibu yang sedang menyusui, harus berhati-hati dalam menggunakan obat herbal. Walaupun belum terbukti terjadinya, efek samping yang membahayakan dalam penggunaan herbal untuk pengobatan.

Termasuk menggunakan herbal dari daun salam ini, bagi ibu  hamil atau menyusui, pada umumnya para  ahli medis, tidak menyarankan atau merekomendasikan untuk mengkonsumsi daun salam sebagai obat bagi ibu hamil dan menyusui.

Mengkonsumsi herbal daun salam yang berlebih, efeknya bisa membahayakan kesehatan janin serta menurunkan produksi dan  kualitas air susu ibu.  Apalagi bagi ibu hamil yang memiliki penyakit alergi, sungguh sangat berbahaya dapat  mengganggu perkembangan janin dan kesehatan ibu.

Selain mempunyai efek samping, bagi ibu hamil dan menyusui tidak memiliki penyakit alergi, daun salam mempunyai manfaat yang sangat  baik. Bila dikonsumsi secara wajar sesuai dosis, akan  memberikan  manfaat yang baik bagi ibu hamil.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Daun Salam Sebagai Obat

Karena pada daun salam mengandung zat besi, kalsium, folat,  vitamin A dan B 6, serta serat dan manganese, yang sangat penting untuk ibu hamil.

Artikel Terkait :
Tags: ,